RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
Satuan Pendidikan : MADRASAH TSANAWIYAH
Mata Pelajaran : AKIDAH AKHLAK
Kelas/Semester : VIII / GENAP
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
Alokasi Waktu
: 4 x 40 Menit
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami perilaku tercela/
akhlak madzmumah
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Menjelaskan perilaku hasad, dendam, ghibah dan
namimah
C.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan
pengertian hasad, dendam, ghibah, namimah dan dalilnya
§ Siswa dapat menjelaskan
perbedaan hasad, dendam, ghibah dan namimah
§ Siswa dapat memahami bahaya
hasad, dendam, ghibah dan namimah
Ü Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif , Tanggung jawab
Ü Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
D.
Materi
Pembelajaran
§ Hasad, dendam, ghibah dan
namimah
E.
Metode
Pembelajaran
§ Ceramah : Metode ini digunakan
untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§ Kerjak kelompok: kegiatan ini
digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian hasad, dendam, ghibah dan namimah
§ Diskusi: Metode ini digunakan
untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
§ Pameran dan Shopping :
pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Nilai yang ditanamkan
|
Waktu
|
|
1
|
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§ Memberikan
pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi hasad, dendam, ghibah dan namimah
Motivasi :
§ Memberikan informasi tentang manfaat mempelajari seputar hasad, dendam, ghibah dan namimah.
|
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung
jawab
|
10 menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti :
§ Siswa membaca
literatur/referensi tentang hasad, dendam, ghibah dan namimah. (fase eksplorasi)
§ Siswa mengamati demonstrasi
guru tentang hasad,
dendam, ghibah dan namimah. (fase eksplorasi)
§ Membuat bagan tentang hasad, dendam, ghibah dan namimah. (fase
elaborasi)
§ Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
§ Penguatan tentang pengertian
hasad, dendam, ghibah dan namimah. (fase konfirmasi)
|
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung
jawab
|
60 Menit
|
|
3
|
Kegiatan akhir :
§ Tanya jawab tentang materi hasad, dendam, ghibah dan namimah.
§ Guru memberikan tugas untuk
mencari bahaya hasad,
dendam, ghibah dan namimah
untuk pertemuan selanjutnya.
|
Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung
jawab
|
10 menit
|
G.
Sumber
belajar dan media pembelajaran
§ Al Qur’an terjemahan dan hadits
§ Buku acuan Paket Akidah Akhlak Depag
§ Alat: OHP/komputer, LCD, VCD
tentang hasad, dendam, ghibah dan namimah
§ Bahan: LKS, Bahan Presentasi
H.
Penilaian
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
|
§ Religius, Jujur, Mandiri, Demokratis, Komunikatif , Tanggung jawab
|
§ Siswa dapat menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah dan namimah.
§ Siswa dapat menjelaskan perbedaan hasad, dendam, ghibah dan namimah.
§ Siswa dapat menjelaskan bahaya hasad, dendam, ghibah dan namimah.
|
Tes tulis
Tes lisan
|
Uraian
Uraian
|
§ Jelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah dan namimah dan dalilnya!
§ Sebutkan bahaya hasad, dendam, ghibah dan namimah!
|
|
Mengetahui,
Kepala MTs. Sunan Giri
……………………., M.Pd.I
|
|
Kediri, 3 Januari 2015
Guru Mata Pelajaran
……………., M.Pd.I
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar