TUGAS SETELAH UTS RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN SILABUS
Tugas
ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Perencanaan Pembelajaran
Dosen Pengampu:
Dewi Agus Tirani, M.Pd.I

Disusun
oleh:
Faiz Choirotul u (932108414)
Kelas
G
JURUSAN
TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(
STAIN ) KEDIRI
2017
SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SMPN 2 KEDIRI
MATA PELAJARAN :
PAI
KELAS/SEMESTER : VII
|
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI INTI :
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Esensi
|
Materi
Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW
periode Mekah Madinah
|
3.12.1 Mendefinisikan pengertian dakwah
3.12.2 Strategi dakwah di Mekah
3.12.3 Menyebutkan reaksi masyarakat Mekah terhadap
dakwah Nabi
3.12.4 Strategi dakwah di Madinah
3.12.5 Menyebutkan reaksi masyarakat Mekah terhadap
dakwah Nabi
3.12.6 Membandingkan strategi perjuangan Nabi di Mekah
dan Madinah
3.12.7 Menerangkan nilai- nilai positif yang terkandung
dalam dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
|
-Dakwah Nabi di Mekah
-Dakwah Nabi Di Madinah
-Perbedaan dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
|
Mengamati
·
Membaca teks tentang dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
·
Menyimak penjelasan tentang dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
Menanya
·
Dengan dimotivasi guru siswa mengajukan pertanyaan tentang dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
·
Mengajukan pertanyaan actual mengenai dakwah Nabi Muhammad di Mekah
Mengeksplorasi
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok mencari informasi dakwah Nabi Muhammad di Mekah
·
Diskusi membandingkan pendapat tentang dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·
Secara berpasangan mendialogkan perbedaan strategi dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
Asosiasi
·
Menganalisis, tentang dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·
Melakukan kritik terhadap
tentang strategi dakwah Nabi di Mekah dan
Madinah
Komunikasi
·
Menyajikan paparan hasil analisis tentang strategi dakwah Nabi di Mekah dan
Madinah
·
Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi
tentang tentang strategi dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·
Menanggapi paparan hasil diskusi
tentang Khulafaur
Rasyidin
·
Menyusun kesimpulan materi tentang tentang strategi dakwah Nabi di Mekah dan
Madinah
|
Tugas
·
Menuliskan peta konsep perbedaan strategi dakwah nabi Muhammad di
Mekah dan Madinah
·
Menuliskan hasil pengamatan tentang Khulafaur Rasyidin
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan
kedalaman informasi
§ Keaktifan
dalam diskusi
§ Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume
Portopolio
·
Membuat paparan tentang Khulafaur Rasyidin
·
Membuat paparan pengaruh Khulafaur Rasyidin
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·
Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
|
2 JP
(2X 45)
|
· Buku paket
PAI dan Budi Pekerti kelas 7 karangan Mustahdi diterbitkan oleh pusat
kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan nasional
· Buku
Penunjang Lainnya Yang Sesuai
· Media cetak
dan elektronik sesuai materi pembelajaran
· Lingkungan
sekitar yang mendukung proses pembelajaran
|
Mengetahui,
Guru Pamong,
Peserta PPL
Ari Kustiana,
S. Ag Faiz Choirotul U
Kepala Sekolah MA Hasyim Asyari
Drs. H. Mursim
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
NEGERI 2 KEDIRI
Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : VII
Materi
Pokok : Memahami
sejarah perjuangan Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit (2
x Pertemuan)
|
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
1
|
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi
Muhammad SAW periode Mekah Madinah
|
3.12.1 Mendefinisikan pengertian dakwah
3.12.2 Strategi dakwah di Mekah
3.12.3 Menyebutkan reaksi masyarakat
Mekah terhadap dakwah Nabi
3.12.3 Strategi dakwah di Madinah
3.12.3 Menyebutkan reaksi masyarakat
Mekah terhadap dakwah Nabi
3.12.4 Membandingkan strategi perjuangan
Nabi di Mekah dan Madinah
3.12.4 Menerangkan nilai- nilai positif
yang terkandung dalam dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
|
C.
Tujuan Pembelajaran
|
Lihat
KI dan KD
Di LKS
|
1. Mendefinisikan
pengertian dakwah
2. Strategi dakwah
di Mekah
3. Menyebutkan
reaksi masyarakat Mekah terhadap dakwah Nabi
4. Membandingkan strategi perjuangan Nabi di Mekah dan
Madinah
5. Menerangkan
nilai- nilai positif yang terkandung dalam dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan
Madinah
D. Materi Pembelajaran
1. Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah
Ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun, dia pergi ke gua Hira untuk
ber-khalwat dan mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa. Ketika ia sedang dalam dalam gua itu,
datanglah malaikat seraya berkata kepadanya, “Bacalah!” Dengan terkejut Muhammad menjawab, “Saya tak
dapat membaca!” Ia merasa seolah malaikat itu mencekiknya, kemudian dilepaskan
lagi seraya berkata, “Bacalah!” Masih dalam ketakutan akan dicekik lagi,
Muhammad menjawab, “Apa yang akan saya baca?”
Malaikat itu pun berkata lagi, “Bacalah! Dengan nama Tuhanmu Yang
menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Dan Tuhanmu Maha
Pemurah. Yang mengajarkan dengan Pena. Mengajarkan kepada manusia apa yang
belum diketahuinya ...” (QS. Al-Alaq:
1-5). Kemudian Beliau mengucapkan bacaan itu. Malaikat pun pergi setelah
kata-kata itu terpatri dalam hati Nabi Muhammad. Namun, ia merasa ketakutan, sambil bertanya-tanya pada
dirinya. “Gerangan apakah yang dilihatnya?” Setelah menerima wahyu yang pertama itu maka
Muhammad menjadi seorang utusan (rasul), sehingga dia mempunyai kewajiban untuk
menyampaikan ajaran Allah SWT kepada umat manusia
2. Tahapan Dakwah Rasulullah SAW.
a.
Dakwah secara sembunyi-sembunyi (Siiriyatud
Dakwah).
b.
Dakwah secara terang-terangan (Jahriyatud
Dakwah)
3. Reaksi Masyarakat Makkah terhadap Kedatangan Islam
Hinaan, cercaan terhadap dakwah Muhammad justru dipelopo ri oleh pamannya sendiri,
Abu Lahab. Mereka menawarkan rayuan
kepada Muhammad kekuasaan, kekayaan, dan wanita asalkan ia mau menghentikan
dakwahnya. Kesepakatan untuk secara
bergantian melakukan ibadah kepada Allah dan kepada berhala Ancaman pembunuhan. Mereka mengancam Muhammad dan mengejar-ngejar para pengikutnya Mendapat dukungan keluarga dekat. Pengikut Muhammad justru bertambah, Walaupun mereka (terutama
yang berasal dan kalangan bawah) harus membayar sikap mereka dengan penderitaan.
4. Hijrah Ke Madinah.
Tersebarnya agama Islam di Madinah menyebabkan kaum Quraisy semakin
ganas. Muhammad memutuskan untuk hijrah bersama pengikutnya ke Madinah secara
sembunyi-sembunyi. Dalam perjalanan itu Muhammad membangun mesjid di desa Quba.
Kedatangannya disambut meriah oleh penduduk Madinah. Di kota ini pun ia
mendirikan mesjid yang kini dikenal dengan Mesjid Nabawi. Di samping mesjid
inilah ia tinggal. Kedatangannya bersama para pengikutnya menjadikan umat Islam
terbagi dalam dua kelompok, yakni Kaum Muhajirin (yang datang dari Mekah) dan
Kaum Anshar (penduduk asli Madinah). Muhammad mempersaudarakan kedua kelompok
ini.
5. TANTANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ISLAM DI MADINAH
Perang Badar (624) dimenangkan pengikut Muhammad, bahkan tokoh
perlawanan terhadap Nabi, Abu Jahal tewas
Perang Uhud (625), dimenangkan kaum Quraisy karena mendapat
dukungan dari suku-suku yang belum memeluk Islam.
Datangnya permintaan dari suku Banu Amir dan Banu Sulaim untuk
mengajarkan mereka agama Islam. Ternyata permintaan itu perangkap. Hanya
seorang dari 70 utusan yang selamat, sehingga Muhammad terpukul dan murka, ia
berdoa agar Tuhan memberikan hukuman atas tindakan tidak berperikemanusiaan
itu.
Perang Khandaq (627), Muhammad beserta pengikutnya dikepung oleh
kaum Quraisy dan sekutunya selama 20 hari dan berakhir setelah terjadi
perpecahan di antara kaum Quraisy dan sekutunya.
D.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan ilmiah (scientifict approach)
Model : Kooperatif
Metode : 1. Ceramah
2. Inquiri
3. Diskusi
E.
Media dan Sumber
Pembelajaran
1.
Media
a. Laptop, CPU
b. White board
c. Gambar/Foto
2.
Sumber
Belajar
a. Buku paket PAI dan Budi Pekerti kelas 7 karangan Mustahdi
b. Referensi lain yang relevan
c. Internet (jika tersedia)
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (10 menit)
1. Guru memberi
salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2. Guru mengondisikan
kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta
peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan
buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang
diperlukan.
3. Guru mengajak
peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam
kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
4. Guru mengajak
peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5. Guru memberi
penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
6.
Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik
terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian
kelompok kerja peserta didik).
7.
Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam
kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk narasi/ gambar /slide/video.
Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
1.
Guru
meminta peserta didik untuk membaca Buku/referensi sejarah perjuangan Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk
mengamati beberapa permasalahan yang
terkait dengan materi yang sedang
dipelajari, yaitu sikap Nabi ketika melakukan dakwah di Mekah dan Madinah.
2. Peserta didik mengamati
gambar/slide/video tentang sejarah perjuangan Muhammad SAW periode Mekah dan
Madinah.
Menanya
- Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pre-test
yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar, sikap
Nabi ketika melakukan dakwah di Mekah dan Madinah
seperti: Jelaskan pengertian
dakwah ?
- Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW
periode Mekah dan Madinah.
- Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap
peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya.
Mengeksplorasi
1. Peserta didik mencari jawaban pertanyaan
pre-test yang diberikan guru dengan
membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
3. Peserta didik berdiskusi
atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku
ajar Sholeh).
Mengasosiasikan
- Peserta
didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
2. Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan
Perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
Mengomunikasikan
1. Peserta didik membuat laporan hasil
diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi/kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari
kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru memberikan penegasan terhadap hasil
pembelajaran peserta didik.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik
secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.
mengevaluasi
seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.
memberi
perintah mengerjakan ulangan harian
dengan jujur dan tertib di kelas;
4.
memberi
tugas rumah untuk mengerjakan tugas
atau jeniskegiatan siswa lain baik
secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5.
menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
6. menutup kegiatan pembelajaran dengan
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
Pertemuan
ke-2
Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
1. Guru meminta peserta didik untuk membaca
buku/referensi perjuangan Nabi di
Mekah dan Madinah.
2. Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi yang sedang dipelajari, yaitu materi tentang perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
3. Peserta didik mengamati
gambar/slide/video tentang perjuangan
Nabi di Mekah dan Madinah.
Menanya
- Guru
meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test
berupa pertanyaan seputar perjuangan
Nabi di Mekah dan Madinah.
- Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan
terkait hasil pengamatan tentang perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
- Guru
menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap
peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab
pertanyaan temannya.
Mengeksplorasi
1. Peserta didik mencari jawaban pertanyaan
pre-test yang diberikan guru dengan
membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab
yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi
terkait tugas perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
3. Peserta didik berdiskusi
atau melakukan kegiatan secara
berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang
diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru
dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku
ajar Sholeh).
Mengasosiasikan
1. Peserta didik menyusun hasil
diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
2. Peserta didik menyimpulkan hasil
diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.sebagai bahan presentasi di depan kelas.
Mengomunikasikan
1. Peserta didik membuat laporan hasil
diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2. Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari
kelompok lain memberikan tanggapan.
3. Guru memberikan penegasan terhadap hasil
pembelajaran peserta didik.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik
secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1. mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
2. memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
3. memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib
di kelas;
4. memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jeniskegiatan siswa baik secara berkelompok dengan baik sesuai
perintah guru;
5. menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
6. menutup kegiatan pembelajaran dengan
berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
G.
Penilaian
|
No.
|
Kompetensi
|
Teknik
|
Instrumen
|
Keterangan
|
|
1.
|
KI
1 dan
KI
2
|
Observasi
|
·
Lembar
observasi
|
Terlampir
|
|
2.
|
KI
3
|
Tes
tertulis
|
·
Pilihan
ganda
·
Uraian
·
Tugas
(mandiri atau kelompok)
|
Terlampir
|
|
3.
|
KI
4
|
Kinerja
|
·
Lembar laporan tugas
|
Terlampir
|
Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap spiritual ini
berupa Lembar Observasi. Observasi
merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan
menggunakan indra, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan
menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.
Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya,
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara
periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap
spiritual peserta didik.Caranya, guru memberitanda cek (√) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut.
4
= selalu, apabila peserta didik selalu melakukan
sesuai pernyataan.
3
= sering, apabila peserta didik sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukannya.
2
= kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang
melakukan dan
sering
tidak melakukannya.
1
= tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah
melakukannya.
C.
Petunjuk Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
|
X 4 = 3
|
20
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat
Baik : apabila memperoleh
skor : 3.00 < skor < 4.00
Baik : apabila memperoleh
skor : 2.00 < skor < 3.00
Cukup
: apabila memperoleh
skor : 1.00 < skor < 2.00
Kurang
: apabila memperoleh skor : skor < 1.00
D.
Lembar Observasi
Kelas : X
Semester : II / Genap
TahunAjaran : 2016 /2017
Periode Pengamatan : Tanggal 07 Januari 2017 s.d. 14 Januari 2017
|
No
|
Aspek
Pengamatan
|
|
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
3
|
Memberi salam
sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
|
5
|
Melaksanakan
ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan
agama yang dianutnya.
|
|
|
Jumlah
Skor
|
||
Lembar Observasi
|
No.
|
NIS
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek Pengamatan
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||||
|
1
|
0147
|
Abdus Shuhmat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
0148
|
Adinda Nur Femilia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
0149
|
Andaru Ahsan Najib
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
0151
|
Arinda Dwi A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
0153
|
Diah Tarisa Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
0154
|
Dini Septi Widiyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
0155
|
Diyon Muhamat A.S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
0156
|
Fajar Masdian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
0157
|
Fitriyatul Afifah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
0158
|
Hesti Karisma A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
0159
|
Ilham Setyaji
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
0160
|
Kharisma Novita D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
0162
|
Muf. Latif Ansori
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
0163
|
Muhamad Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
0169
|
Peni Urbawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
0170
|
Riki Kriswanto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
0171
|
Riski Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
0172
|
Samrohdin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
0174
|
Singgih Prasetyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
0175
|
Siti Yuliana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
0176
|
Vingky Adi Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Guru Pamong, Peserta PPL
Ari Kustiana, S. Ag Mochamad
Hermanto
Penilaian KI 2
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.
Petunjuk Umum
1. Instrumen penilaian sikap sosial ini
berupa Lembar Observasi. Sikap sosial yang dikembangkan pada
Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA meliputi:
a. jujur
b. kreatif
c. disiplin
d. tanggung jawab
e. toleransi
f. gotong royong
g.
santun
h.
responsif
i.
proaktif
2.
Instrumen
ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.
Petunjuk Pengisian
Secara
periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial
peserta didik.Caranya, guru memberitanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila peserta didik selalu
melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering
melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta
didik kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukannya.
1
= tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah
melakukannya.
C. Petunjuk
Penskoran :
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
Contoh
:
Skor
diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 7 pernyataan = 28, maka skor akhir :
|
X 4 = 2,85
|
28
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat
Baik : apabila memperoleh
skor : 3.00 < skor < 4.00
Baik : apabila memperoleh
skor : 2.00 < skor < 3.00
Cukup
: apabila memperoleh
skor : 1.00 < skor < 2.00
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor <
1.00
Guna memudahkan
penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator
Sikap dan Pengertian
|
Contoh Indikator
|
|
· Tidak menyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan
· Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
· Mengungkapkan perasaan apa
adanya
· Menyerahkan kepada yang
berwenang barang yang ditemukan
· Membuat laporan berdasarkan
data atau informasi apa adanya
·
Mengakui
kesalahan atau kekurangan yang dimiliki
|
|
|
1.
Jujur
adalah
perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
|
|
|
2.
Kreatif
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang
baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru
maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada
sebelumnya.
|
· Menghasilkan ide/karya inovatif
yang dipublikasikan/dipasarkan.
· Menghasilkan ide/karya inovatif
untuk kalangan sendiri/ skala kecil.
· Memodifikasi dan menggabungkan
beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.
· Mencoba membuat ide/karya dari contoh
yang sudah ada.
|
|
3.
Disiplin
adalah
tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan
dan peraturan.
|
·
Datang
tepat waktu
·
Patuh
pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
·
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
·
Mengikuti
kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
|
|
4.
Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan
kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat,
lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
|
·
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
·
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
·
Tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
·
Mengembalikan
barang yang dipinjam
·
Mengakui
dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
·
Menepati
janji
·
Tidak
menyalahkan orang lain utk kesalahan
tindakan kita sendiri
·
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
|
5.
Toleransi
adalah
sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan
keyakinan
|
·
Tidak
mengganggu teman yang berbeda pendapat
·
Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
·
Dapat
menerima kekurangan orang lain
·
Dapat
mememaafkan kesalahan orang lain
·
Mampu
dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan
·
Tidak
memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
·
Kesediaan
untuk belajar dari (terbuka terhadap)
keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
·
Terbuka
terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
|
|
6.
Gotongroyong
adalah
bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan
saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.
|
·
Terlibat
aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
·
Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan
·
Bersedia
membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
·
Aktif
dalam kerja kelompok
·
Memusatkan
perhatian pada tujuan kelompok
·
Tidak
mendahulukan kepentingan pribadi
·
Mencari
jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan
orang lain
·
Mendorong
orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama
|
|
7.
Santun
adalah
sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma
kesantunan bersifat relatif,
artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda
pada tempat dan waktu yang lain.
|
·
Menghormati
orang yang lebih tua.
·
Tidak
meludah di sembarang tempat.
·
Tidak
menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
·
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
·
Bersikap
3S (salam, senyum, sapa)
·
Meminta
ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik
orang lain
·
Memperlakukan
orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
|
|
8.
Responsif
Adalah
kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan
yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna
tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya
|
·
Tanggap terhadap
kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan
·
Berperan aktif terhadap
berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial
·
Bergerak cepat dalam
melaksanakan tugas/kegiatan
·
Berfikir lebih maju
terhadap segala hal
|
|
9.
Pro aktif
Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan
dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu
memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon.
Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan
mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.
|
·
Berinisiatif dalam
bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau sosial.
·
Mampu memanfaatkan
peluang yang ada.
·
Memiliki motivasi untuk
terus maju dan berkembang.
·
Fokus pada hal-hal yang
memungkinkan untuk diubah atau diperbaiki.
|
D.
Lembar Observasi
Kelas : X IPS
Semester : II/ Genap
TahunAjaran : 2016 / 2017
Periode Pengamatan : Tanggal 21 Januari 2017 s.d. 04 Februari 2017
|
No
|
NIS
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Jumlah
|
Rerata Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||||
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya diri
|
|||||||
|
1
|
0147
|
Abdus Shuhmat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
0148
|
Adinda Nur Femilia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
0149
|
Andaru Ahsan Najib
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
0151
|
Arinda Dwi A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
0153
|
Diah Tarisa Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
0154
|
Dini Septi Widiyanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
0155
|
Diyon Muhamat A.S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
0156
|
Fajar Masdian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
0157
|
Fitriyatul Afifah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
0158
|
Hesti Karisma A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
0159
|
Ilham Setyaji
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
0160
|
Kharisma Novita D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
0162
|
Muf. Latif Ansori
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
0163
|
Muhamad Akbar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
0169
|
Peni Urbawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0170
|
Riki Kriswanto
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
0171
|
Riski Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
0172
|
Samrohdin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
0174
|
Singgih Prasetyo
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
0175
|
Siti Yuliana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
0176
|
Vingky Adi Pratama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Guru Pamong, Peserta PPL
Ari Kustiana, S. Ag Mochamad
Hermanto
Mengetahui,
Guru Pamong, Peserta PPL
Ari Kustiana, S. Ag Mochamad
Hermanto
Penilaian KI 4
Penilaian Kinerja
·
Diskusikan bersama kelompok kalian tentang cara meneladani sikap
keteladanan Khulafaur Rasyidin dan bentuk penerapannya di lingkungan sekolah!
Presentasikan hasilnya di depan kelas!
Mengetahui,
Guru Pamong, Peserta PPL
Ari Kustiana, S. Ag Mochamad
Hermanto
Kepala
Sekolah MA Hasyim Asyari
Drs.
H. Mursim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar