Minggu, 27 Agustus 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN SILABUS

TUGAS SETELAH UTS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN SILABUS
Tugas ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Perencanaan Pembelajaran
Dosen Pengampu:
Dewi Agus Tirani, M.Pd.I
Description: Description: G:\STAIN-2.JPG

Disusun oleh:
Faiz Choirotul u                 (932108414)
Kelas G
JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
( STAIN ) KEDIRI
2017

SILABUS PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN     : SMPN 2 KEDIRI                
MATA PELAJARAN                        : PAI
KELAS/SEMESTER             : VII

KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI INTI :





Kompetensi Dasar
Indikator Esensi
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah Madinah















3.12.1 Mendefinisikan pengertian dakwah
3.12.2 Strategi dakwah di Mekah
3.12.3 Menyebutkan reaksi masyarakat Mekah terhadap dakwah Nabi
3.12.4 Strategi dakwah di Madinah
3.12.5 Menyebutkan reaksi masyarakat Mekah terhadap dakwah Nabi
3.12.6 Membandingkan strategi perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah
3.12.7 Menerangkan nilai- nilai positif yang terkandung dalam dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah


-Dakwah Nabi di Mekah
-Dakwah Nabi Di Madinah
-Perbedaan dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
Mengamati
·      Membaca teks tentang dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
·      Menyimak penjelasan tentang dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan tentang dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  dakwah Nabi Muhammad di Mekah

Mengeksplorasi
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi dakwah Nabi Muhammad di Mekah
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·      Secara berpasangan mendialogkan perbedaan strategi dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
Asosiasi
·      Menganalisis, tentang dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·      Melakukan kritik terhadap  tentang  strategi dakwah Nabi di Mekah dan Madinah

Komunikasi
·      Menyajikan paparan hasil analisis   tentang  strategi dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·      Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang tentang  strategi dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
·      Menanggapi paparan hasil diskusi tentang Khulafaur Rasyidin
·      Menyusun kesimpulan materi tentang tentang  strategi dakwah Nabi di Mekah dan Madinah
Tugas
·       Menuliskan peta konsep perbedaan strategi dakwah nabi Muhammad di Mekah dan Madinah  
·       Menuliskan hasil pengamatan tentang Khulafaur Rasyidin
Observasi
·        Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang berisi:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Portopolio
·      Membuat paparan tentang Khulafaur Rasyidin
·      Membuat paparan pengaruh Khulafaur Rasyidin
Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian
·      Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
2 JP
(2X 45)
·  Buku paket PAI dan Budi Pekerti kelas 7 karangan Mustahdi diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan nasional
·  Buku Penunjang Lainnya  Yang Sesuai
·  Media cetak dan elektronik sesuai materi pembelajaran
·  Lingkungan sekitar yang mendukung proses pembelajaran
         
          Mengetahui,                                                                                                      
                   Guru Pamong,                                                                                                                                          Peserta PPL


            Ari Kustiana, S. Ag                                                                                                                            Faiz Choirotul U
Kepala Sekolah MA Hasyim Asyari


Drs. H. Mursim



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :    SMP NEGERI 2 KEDIRI
Mata Pelajaran       :    PAI
Kelas / Semester      :    VII
Materi Pokok          :    Memahami sejarah perjuangan Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
Alokasi Waktu        :    4 x 45 Menit (2 x Pertemuan)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.








B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah Madinah
3.12.1 Mendefinisikan pengertian dakwah
3.12.2 Strategi dakwah di Mekah
3.12.3 Menyebutkan reaksi masyarakat Mekah terhadap dakwah Nabi
3.12.3 Strategi dakwah di Madinah
3.12.3 Menyebutkan reaksi masyarakat Mekah terhadap dakwah Nabi
3.12.4 Membandingkan strategi perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah
3.12.4 Menerangkan nilai- nilai positif yang terkandung dalam dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah


C.    Tujuan Pembelajaran
Lihat
KI dan KD
Di LKS
Peserta didik diharapkan dapat: 
1. Mendefinisikan pengertian dakwah
2. Strategi dakwah di Mekah
3. Menyebutkan reaksi masyarakat Mekah terhadap dakwah Nabi
4.  Membandingkan strategi perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah
5. Menerangkan nilai- nilai positif yang terkandung dalam dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Madinah
D. Materi Pembelajaran
1. Perjuangan Nabi Muhammad di Mekah
Ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun, dia pergi ke gua Hira untuk ber-khalwat dan mendekatkan diri kepada Allah dengan berdoa.  Ketika ia sedang dalam dalam gua itu, datanglah malaikat seraya berkata kepadanya, “Bacalah!”  Dengan terkejut Muhammad menjawab, “Saya tak dapat membaca!” Ia merasa seolah malaikat itu mencekiknya, kemudian dilepaskan lagi seraya berkata, “Bacalah!” Masih dalam ketakutan akan dicekik lagi, Muhammad menjawab, “Apa yang akan saya baca?”  Malaikat itu pun berkata lagi, “Bacalah! Dengan nama Tuhanmu Yang menciptakan. Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah. Dan Tuhanmu Maha Pemurah. Yang mengajarkan dengan Pena. Mengajarkan kepada manusia apa yang belum diketahuinya ...”  (QS. Al-Alaq: 1-5). Kemudian Beliau mengucapkan bacaan itu. Malaikat pun pergi setelah kata-kata itu terpatri dalam hati Nabi Muhammad. Namun, ia merasa  ketakutan, sambil bertanya-tanya pada dirinya. “Gerangan apakah yang dilihatnya?”  Setelah menerima wahyu yang pertama itu maka Muhammad menjadi seorang utusan (rasul), sehingga dia mempunyai kewajiban untuk menyampaikan ajaran Allah SWT kepada umat manusia
2. Tahapan Dakwah Rasulullah SAW.
a.       Dakwah secara sembunyi-sembunyi (Siiriyatud Dakwah).
b.      Dakwah secara terang-terangan (Jahriyatud Dakwah)
3. Reaksi Masyarakat Makkah terhadap Kedatangan Islam
Hinaan, cercaan terhadap dakwah Muhammad justru dipelopo ri oleh pamannya sendiri, Abu Lahab.  Mereka menawarkan rayuan kepada Muhammad kekuasaan, kekayaan, dan wanita asalkan ia mau menghentikan dakwahnya.  Kesepakatan untuk secara bergantian melakukan ibadah kepada Allah dan kepada berhala  Ancaman pembunuhan. Mereka mengancam Muhammad dan mengejar-ngejar para pengikutnya  Mendapat dukungan keluarga dekat. Pengikut Muhammad justru bertambah, Walaupun mereka (terutama yang berasal dan kalangan bawah) harus membayar sikap mereka dengan penderitaan.
4. Hijrah Ke Madinah.
Tersebarnya agama Islam di Madinah menyebabkan kaum Quraisy semakin ganas. Muhammad memutuskan untuk hijrah bersama pengikutnya ke Madinah secara sembunyi-sembunyi. Dalam perjalanan itu Muhammad membangun mesjid di desa Quba. Kedatangannya disambut meriah oleh penduduk Madinah. Di kota ini pun ia mendirikan mesjid yang kini dikenal dengan Mesjid Nabawi. Di samping mesjid inilah ia tinggal. Kedatangannya bersama para pengikutnya menjadikan umat Islam terbagi dalam dua kelompok, yakni Kaum Muhajirin (yang datang dari Mekah) dan Kaum Anshar (penduduk asli Madinah). Muhammad mempersaudarakan kedua kelompok ini.
5. TANTANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN ISLAM DI MADINAH
Perang Badar (624) dimenangkan pengikut Muhammad, bahkan tokoh perlawanan terhadap Nabi, Abu Jahal tewas
Perang Uhud (625), dimenangkan kaum Quraisy karena mendapat dukungan dari suku-suku yang belum memeluk Islam.
Datangnya permintaan dari suku Banu Amir dan Banu Sulaim untuk mengajarkan mereka agama Islam. Ternyata permintaan itu perangkap. Hanya seorang dari 70 utusan yang selamat, sehingga Muhammad terpukul dan murka, ia berdoa agar Tuhan memberikan hukuman atas tindakan tidak berperikemanusiaan itu.
Perang Khandaq (627), Muhammad beserta pengikutnya dikepung oleh kaum Quraisy dan sekutunya selama 20 hari dan berakhir setelah terjadi perpecahan di antara kaum Quraisy dan sekutunya.
D.    Metode Pembelajaran
Pendekatan   :    Pendekatan ilmiah (scientifict approach)
Model           :    Kooperatif
Metode         :    1.  Ceramah
2.    Inquiri
3.    Diskusi

E.       Media dan Sumber Pembelajaran
1.         Media          
a.       Laptop, CPU
b.      White board
c.       Gambar/Foto
2.         Sumber Belajar
a.       Buku paket PAI dan Budi Pekerti kelas 7 karangan Mustahdi
b.      Referensi lain yang relevan
c.       Internet (jika tersedia)
F.            Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa bersama.
2.    Guru mengondisikan kelas, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
3.    Guru mengajak peserta didik agar selalu mengamalkan ilmu pengetahuan yang diperoleh di dalam kehidupan sebagai tanda syukur kepada Tuhan.
4.    Guru mengajak peserta didik untuk proaktif dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
5.    Guru memberi penjelasan tentang cakupan materi yang akan dipelajari beserta tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.    Guru membuat kesepakatan dengan peserta didik terkait kegiatan yang akan dilakukan (termasuk di dalamnya tentang pembagian kelompok kerja peserta didik).
7.    Guru menampilkan beberapa permasalahan dalam kehidupan terkait materi pembelajaran dalam bentuk narasi/ gambar /slide/video.

Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
1.    Guru meminta peserta didik untuk membaca Buku/referensi sejarah perjuangan Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati  beberapa permasalahan yang terkait dengan materi  yang sedang dipelajari, yaitu sikap Nabi ketika melakukan dakwah di Mekah dan Madinah.
2.    Peserta didik mengamati gambar/slide/video tentang sejarah perjuangan Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
Menanya
  1. Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar, sikap Nabi ketika melakukan dakwah di Mekah dan Madinah seperti: Jelaskan pengertian dakwah ?
  2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
  3. Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.
Mengeksplorasi
1.    Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2.      Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
3.    Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar Sholeh).
Mengasosiasikan
  1. Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
2.      Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan
Perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah.
Mengomunikasikan      
1.    Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2.    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3.    Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.    mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.    memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;
4.    memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jeniskegiatan siswa lain baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5.    menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
6.    menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Pertemuan ke-2
Kegiatan Inti (70 menit)
Mengamati
1.   Guru meminta peserta didik untuk membaca buku/referensi perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
2.   Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati beberapa permasalahan yang terkait dengan materi  yang sedang dipelajari, yaitu materi tentang perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
3.   Peserta didik mengamati gambar/slide/video tentang perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.

Menanya
  1. Guru meminta peserta didik untuk menjawab pre-test yang diberikan guru. Pre-test berupa pertanyaan seputar perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
  2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengajukan pertanyaan terkait hasil pengamatan tentang perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
  3. Guru menampung pertanyaan peserta didik dan memberi kesempatan kepada tiap peserta didik atau menunjuk secara acak peserta didik untuk menjawab pertanyaan temannya.

Mengeksplorasi
1.      Peserta didik mencari jawaban pertanyaan pre-test yang diberikan guru dengan membaca buku ajar dan buku referensi lain.
2.    Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait tugas perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
3.    Peserta didik berdiskusi atau melakukan kegiatan secara berkelompok untuk mengidentifikasi dan menganalisis ragam informasi yang diperoleh, kemudian dijadikan bahan untuk menyimpulkan (Sebagai bahan diskusi/kegiatan, guru dapat meminta siswa untuk mengerjakan tugas/kegiatan siswa yang ada dalam buku ajar Sholeh).
Mengasosiasikan
1.    Peserta didik menyusun hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.
2.    Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi/laporan kegiatan yang berkaitan dengan perjuangan Nabi di Mekah dan Madinah.sebagai bahan presentasi di depan kelas.

Mengomunikasikan      
1.    Peserta didik membuat laporan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan.
2.    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/ kegiatan yang sudah dilakukan di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan.
3.    Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.

Kegiatan Penutup (10 menit)
Guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan refleksi untuk:
1.    mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
2.    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.      memberi perintah mengerjakan ulangan harian dengan jujur dan tertib di kelas;
4.      memberi tugas rumah untuk mengerjakan tugas atau jeniskegiatan siswa baik secara berkelompok dengan baik sesuai perintah guru;
5.    menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya; dan
6.    menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

G.      Penilaian
No.
Kompetensi
Teknik
Instrumen
Keterangan
1.
KI 1 dan
KI 2
Observasi

·            Lembar observasi
Terlampir
2.
KI 3
Tes tertulis
·            Pilihan ganda
·            Uraian
·            Tugas (mandiri atau kelompok)
Terlampir
3.
KI 4
Kinerja
·            Lembar  laporan tugas
Terlampir




Lampiran
Penilaian KI 1
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap spiritual ini berupa Lembar Observasi. Observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indra, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan instrument yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati. Pada jenjang SMA/MA, kompetensi sikap spiritual mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya,
2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B.       Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap spiritual peserta didik.Caranya, guru memberitanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.    Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
 


Contoh :
Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
X 4 = 3
15
20
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik          : apabila memperoleh skor  : 3.00  < skor < 4.00
Baik                      : apabila memperoleh skor  : 2.00  < skor < 3.00
Cukup                  : apabila memperoleh skor  : 1.00  < skor < 2.00
Kurang     : apabila memperoleh skor :  skor < 1.00
        
D.      Lembar Observasi
Kelas                               : X
Semester                          : II / Genap
TahunAjaran                    : 2016 /2017
Periode Pengamatan        : Tanggal 07 Januari 2017 s.d. 14 Januari 2017

No
Aspek Pengamatan
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Melaksanakan ibadah keseharian baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan sesuai dengan agama yang dianutnya.
Jumlah Skor

Lembar Observasi
No.
NIS
Nama Peserta Didik
Aspek Pengamatan
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
0147
Abdus Shuhmat









2
0148
Adinda Nur Femilia









3
0149
Andaru Ahsan Najib









4
0151
Arinda Dwi A









5
0153
Diah Tarisa Putri









6
0154
Dini Septi Widiyanti









7
0155
Diyon Muhamat A.S









8
0156
Fajar Masdian









9
0157
Fitriyatul Afifah









10
0158
Hesti Karisma A









11
0159
Ilham Setyaji









12
0160
Kharisma Novita D









13
0162
Muf. Latif Ansori









14
0163
Muhamad Akbar









15
0169
Peni Urbawati









16
0170
Riki Kriswanto









17
0171
Riski Setiawan









18
0172
Samrohdin









19
0174
Singgih Prasetyo









20
0175
Siti Yuliana









21
0176
Vingky Adi Pratama









         Mengetahui,
       Guru Pamong,                                                                                     Peserta PPL



Ari Kustiana, S. Ag                                                                Mochamad Hermanto







Penilaian KI 2 
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR OBSERVASI)
A.      Petunjuk Umum
1.    Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa Lembar Observasi.  Sikap sosial yang dikembangkan pada Kompetensi Inti 2 di jenjang SMA/MA meliputi:
a.       jujur
b.      kreatif
c.       disiplin
d.      tanggung jawab
e.       toleransi
f.       gotong royong
g.      santun
h.      responsif
i.        proaktif
2.         Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.
B.       Petunjuk Pengisian
Secara periodik, misalnya 1 atau 2 minggu sekali guru melakukan penilaian sikap sosial peserta didik.Caranya, guru memberitanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap sosial yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila peserta didik selalu melakukan sesuai pernyataan.
3 = sering, apabila peserta didik sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukannya.
2 = kadang-kadang, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukannya.
1 = tidak pernah, apabila peserta didik tidak pernah melakukannya.
C.     Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
 


Contoh :
Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 7 pernyataan = 28, maka skor akhir :
X 4 = 2,85
20
28
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik          : apabila memperoleh skor  : 3.00  < skor < 4.00
Baik                      : apabila memperoleh skor  : 2.00  < skor < 3.00
Cukup                  : apabila memperoleh skor  : 1.00  < skor < 2.00
Kurang                 : apabila memperoleh skor :  skor < 1.00
Guna memudahkan penilian, guru dapat membaca indikator tiap-tiap aspek sosial sebagai berikut.
Tabel Daftar Deskripsi Indikator

Sikap dan Pengertian
Contoh Indikator

·      Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
·      Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
·      Mengungkapkan perasaan apa adanya
·      Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
·      Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya
·      Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

1.    Jujur
adalah perilaku dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

2.    Kreatif
Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya.

·      Menghasilkan ide/karya inovatif yang dipublikasikan/dipasarkan.
·      Menghasilkan ide/karya inovatif untuk kalangan sendiri/ skala kecil.
·      Memodifikasi dan menggabungkan beberapa ide/karya untuk menghasilkan gagasan/karya baru.
·      Mencoba membuat ide/karya dari contoh yang sudah ada.
3.    Disiplin
adalah tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.

·      Datang tepat waktu
·      Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
·      Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan
·      Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar

4.    Tanggungjawab
adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

·      Melaksanakan tugas individu dengan baik
·      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
·      Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
·      Mengembalikan barang yang dipinjam
·      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
·      Menepati janji
·      Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri
·      Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
5.    Toleransi
adalah sikap dan tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

·      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
·      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
·      Dapat menerima kekurangan orang lain
·      Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
·      Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
·      Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan diri pada orang lain
·      Kesediaan untuk belajar dari  (terbuka terhadap) keyakinan dan gagasan orang lain agar dapat memahami orang lain lebih baik
·      Terbuka terhadap atau kesediaan untuk menerima sesuatu yang baru
6.    Gotongroyong
adalah bekerja bersama-sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dengan saling berbagi tugas dan tolong menolong secara ikhlas.

·      Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
·      Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
·      Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan
·      Aktif dalam kerja kelompok
·      Memusatkan perhatian pada tujuan kelompok
·      Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
·      Mencari jalan untuk mengatasi perbedaan pendapat/pikiran antara diri sendiri dengan orang lain
·      Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama

7.    Santun
adalah sikap baik dalam pergaulan baik dalam berbahasa maupun bertingkah laku. Norma kesantunan bersifat relatif, artinya yang dianggap baik/santun pada tempat dan waktu tertentu bisa berbeda pada tempat dan waktu yang lain.

·      Menghormati orang yang lebih tua.
·      Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
·      Tidak meludah di sembarang tempat.
·      Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
·      Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
·      Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
·      Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
·      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan

8.    Responsif

Adalah kesadaran akan tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Kepekaan yang tajam dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapinya dan kepahaman makna tanggungjawab yang harus dipikul adalah ciri utama kepribadiannya


·         Tanggap terhadap kerepotan pihak lain dan segera memberikan solusi dan atau pertolongan
·         Berperan aktif terhadap berbagai kegiatan sekolah dan/atau sosial
·         Bergerak cepat dalam melaksanakan tugas/kegiatan
·         Berfikir lebih maju terhadap segala hal


9.    Pro aktif
Adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya.

·         Berinisiatif dalam bertindak terkait dengan tugas/pekerjaan atau sosial.
·         Mampu memanfaatkan peluang yang ada.
·         Memiliki motivasi untuk terus maju dan berkembang.
·         Fokus pada hal-hal yang memungkinkan untuk diubah atau diperbaiki.






D.      Lembar Observasi
Kelas                               : X IPS
Semester                          : II/ Genap
TahunAjaran                    : 2016 / 2017
Periode Pengamatan        : Tanggal 21 Januari 2017 s.d. 04 Februari 2017
           
No
NIS
Nama Peserta Didik
Sikap
Jumlah
Rerata Skor
Nilai
Keterangan
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Percaya  diri
1
0147
Abdus Shuhmat











2
0148
Adinda Nur Femilia











3
0149
Andaru Ahsan Najib











4
0151
Arinda Dwi A











5
0153
Diah Tarisa Putri











6
0154
Dini Septi Widiyanti











7
0155
Diyon Muhamat A.S











8
0156
Fajar Masdian











9
0157
Fitriyatul Afifah











10
0158
Hesti Karisma A











11
0159
Ilham Setyaji











12
0160
Kharisma Novita D











13
0162
Muf. Latif Ansori











14
0163
Muhamad Akbar











15
0169
Peni Urbawati











16
0170
Riki Kriswanto











17
0171
Riski Setiawan











18
0172
Samrohdin











19
0174
Singgih Prasetyo











20
0175
Siti Yuliana











21
0176
Vingky Adi Pratama













             Mengetahui,
             Guru Pamong,                                                                                                                                      Peserta PPL

Ari Kustiana, S. Ag                                                                                                                            Mochamad Hermanto


         Mengetahui,
       Guru Pamong,                                                                        Peserta PPL




Ari Kustiana, S. Ag                                                                                Mochamad Hermanto
Penilaian KI 4

      Penilaian Kinerja
·        Diskusikan bersama kelompok kalian tentang cara meneladani sikap keteladanan Khulafaur Rasyidin dan bentuk penerapannya di lingkungan sekolah! Presentasikan hasilnya di depan kelas!



Mengetahui,
       Guru Pamong,                                                                                     Peserta PPL




       Ari Kustiana, S. Ag                                                                     Mochamad Hermanto

Kepala Sekolah MA Hasyim Asyari




Drs. H. Mursim
                                                                                               






Tidak ada komentar:

Posting Komentar