Selasa, 29 Agustus 2017

kurikulum ktsp







KURIKULUM KTSP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
 
 







 

TEMA : PECAHAN SEDERHANA
Nama Sekolah    : _______________________________
Kelas                   : III (Tiga)
Nama Guru        : _______________________________
NIP / NIK           : _______________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Pecahan Sederhana
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.1  Mengenal  pecahan sederhana

B.    Indikator
  • Mengenal pecahan sederhana
  • Membaca dan menulskan lambang bilangan
  • Mewarnai nilai pecahan dengan gambar

C.    Materi Essensial

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas III jilid 3B
o    2 lembar kertas, gunting

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Memberikan pertanyaan jiak 1 buah jeruk dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar maka kita dapatkan setiap potong buah jeruk yang besarnya  . . .. . .



Mencatat indikator

Menjawab setengah

10

2.     Kegiatan Inti
o    Memberikan pertanyaan selanjutnya jika jeruk tersebut dibagi 4 bagian yang sama besar berapa potong jeruk dari semula

o    Menjelaskan dan melakukan kegiatan Hlm. 3.

o    Menggambarkan bangun-bangun dengan arsirn untuk menunjukkan pecahan setengah dan seperempat. dan menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan 1. hlm. 4 dan latihan 2 Hlm. 5

 





o    Menjelaskan pecahan sepertiga dan seperenam serta bentuk pecahan yang lain

 









o    Menugaskan mengerjakan:
-   latihan 3,
-   latihan 4,
-   latihan 5,

o    Guru membantu memecahkan masalah latihan di atas dengan menghampiri siswa dan membahas setiap permasalahan dari setiap soal

o    Memeriksa pekerjaan siswa



Memperhatikan dan menjawab seperempat


Memeperhatikan penjelasan kegiatan
Mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan latihan 1 s.d 2








Mendengarkan memperhatikan cara penyelesaian latihan











Mengerjakan latihan 3, 4, dan 5




Bertanya kesulita yang dihadapi, mengumpulakan tugas



100

3.     Penutup
o    Guru memotivasi siswa untuk lebih giat belajar dan mengerjakan soal



Mendengarkan motivasi guru




10




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


































Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                : Pecahan Sederhana
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan kelima / 6 x 30 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.1  Mengenal  pecahan sederhana

B.    Indikator
  • Mengenal pecahan sederhana
  • Membaca dan menulskan lambang bilangan
  • Mewarnai nilai pecahan dengan gambar

C.    Materi Essensial
Pecahan Sederhana
o    Membaca dan menuliskan lambang bilangan (hlm. 9)
o    Penyajian nilai pecahan dengan gambar (hlm. 14)

D.    Media Belajar
o    Buku matematika M Khafid Erlangga kelas III jilid 3B

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.     Pendahuluan
o    Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mendengarkan indikator yang dibacakan


15

2.     Kegiatan Inti
o    Menjelaskan cara membaca dan menuliskan pecahan secara lisan misalnya guru menunjuk gambar, siswa membacakan lambang pecahannya
-   dibaca satu per dua atau setengah
-   dibaca dua per tiga

o    Guru memperkenalkan pecahan dua per empat, dua per enem, dua per tiga, dan tiga per empat untuk menunjang cara membaca dan menulis lambang bilangan.

o    Menugaskan mengerjakan :
-   latihan 6,
-   latihan 7,
-   latihan 9,

o    Menjelaskan penulisan lambang pecahan yang benar dengan tanda per, menulis lambang biangan dengan tanda garis miring adalah salah selanjutnya menugaskan mengerjakan latihan 10,






 penuliskan yang benar
 penuliskan yang salah

o    Menjelaskan penyajian nilai pecahan dengan gambar
-   latihan 11,
-   latihan pengayaan hlm. 15



membacakan lambang pecahan berdasarkan gambar yang ditunjuk oleh guru








Mendengarkan penjelasan guru mengenai pecahan dua per empat, dua per enem, dua per tiga, dan tiga per empat

Mengerjakan latihan 6 s.d 11
Serta latihan pengayaan



Mendengarkan penjelasan guru tentang cara penulisan tada per

150

3.     Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan



Mendengarkan motivasi guru




15




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar