|
|
TEMA : PECAHAN SEDERHANA
Nama Sekolah : _______________________________
Kelas : III (Tiga)
Nama Guru : _______________________________
NIP / NIK : _______________________________
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi
Pokok : Pecahan Sederhana
Pertemuan / waktu : Pertama dan kedua / 4 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
3.1
Mengenal pecahan sederhana
B.
Indikator
- Mengenal
pecahan sederhana
- Membaca dan menulskan lambang
bilangan
- Mewarnai
nilai pecahan dengan gambar
C.
Materi Essensial
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga
kelas III jilid 3B
o
2 lembar kertas, gunting
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran
|
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|||||||||||||||||||||||||
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|||||||||||||||||||||||||
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi
yang diharapkan
o
Memberikan pertanyaan jiak 1 buah
jeruk dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar maka kita dapatkan setiap
potong buah jeruk yang besarnya . . ..
. .
|
Mencatat indikator
Menjawab setengah
|
10
|
||||||||||||||||||||||||
|
2.
Kegiatan Inti
o
Memberikan pertanyaan selanjutnya
jika jeruk tersebut dibagi 4 bagian yang sama besar berapa potong jeruk dari
semula
o
Menjelaskan dan melakukan kegiatan
Hlm. 3.
o
Menggambarkan bangun-bangun dengan
arsirn untuk menunjukkan pecahan setengah dan seperempat. dan menugaskan
siswa untuk mengerjakan latihan 1. hlm. 4 dan latihan 2 Hlm. 5
o
Menjelaskan pecahan sepertiga dan
seperenam serta bentuk pecahan yang lain
o
Menugaskan mengerjakan:
-
latihan 3,
-
latihan 4,
-
latihan 5,
o
Guru membantu memecahkan masalah
latihan di atas dengan menghampiri siswa dan membahas setiap permasalahan
dari setiap soal
o
Memeriksa pekerjaan siswa
|
Memperhatikan dan menjawab seperempat
Memeperhatikan penjelasan kegiatan
Mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan
latihan 1 s.d 2
Mendengarkan memperhatikan cara
penyelesaian latihan
Mengerjakan latihan 3, 4, dan 5
Bertanya kesulita yang dihadapi,
mengumpulakan tugas
|
100
|
||||||||||||||||||||||||
|
3.
Penutup
o
Guru memotivasi siswa untuk lebih
giat belajar dan mengerjakan soal
|
Mendengarkan motivasi guru
|
10
|
||||||||||||||||||||||||
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Materi Pokok :
Pecahan Sederhana
Pertemuan / waktu : Ketiga dan kelima / 6 x 30 menit
Metode :
Ceramah dan mengerjakan soal
A.
Kompetensi Dasar
3.1
Mengenal pecahan sederhana
B.
Indikator
- Mengenal
pecahan sederhana
- Membaca dan menulskan lambang
bilangan
- Mewarnai
nilai pecahan dengan gambar
C.
Materi Essensial
Pecahan Sederhana
o
Membaca dan menuliskan lambang
bilangan (hlm. 9)
o
Penyajian nilai pecahan dengan gambar
(hlm. 14)
D.
Media Belajar
o
Buku matematika M Khafid Erlangga
kelas III jilid 3B
E.
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
|
KEGIATAN
|
Waktu (menit)
|
|
|
Pendidik
|
Peserta didik
|
|
|
1.
Pendahuluan
o
Membacakan indikator dan kompetensi
yang diharapkan
|
Mendengarkan indikator yang dibacakan
|
15
|
|
2.
Kegiatan Inti
o
Menjelaskan cara membaca dan
menuliskan pecahan secara lisan misalnya guru menunjuk gambar, siswa
membacakan lambang pecahannya
-
-
o
Guru memperkenalkan pecahan dua per
empat, dua per enem, dua per tiga, dan tiga per empat untuk menunjang cara
membaca dan menulis lambang bilangan.
o
Menugaskan mengerjakan :
-
latihan 6,
-
latihan 7,
-
latihan 9,
o
Menjelaskan penulisan lambang
pecahan yang benar dengan tanda per, menulis lambang biangan dengan tanda
garis miring adalah salah selanjutnya menugaskan mengerjakan latihan 10,
o
Menjelaskan penyajian nilai pecahan
dengan gambar
-
latihan 11,
-
latihan pengayaan hlm. 15
|
membacakan lambang pecahan berdasarkan
gambar yang ditunjuk oleh guru
Mendengarkan penjelasan guru mengenai
pecahan dua per empat, dua per enem, dua per tiga, dan tiga per empat
Mengerjakan latihan 6 s.d 11
Serta latihan pengayaan
Mendengarkan penjelasan guru tentang cara
penulisan tada per
|
150
|
|
3.
Penutup
o
Memberikan motivasi untuk lebih
rajin mengerjakan latihan
|
Mendengarkan motivasi guru
|
15
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
|
Jakarta,
Guru Mata Pelajaran
( )
|



Tidak ada komentar:
Posting Komentar